daftar iklan mgid

Keutamaan Malam-malam Lailatul Qadar

Sebagai seorang muslim, datangnya bulan Ramadhan pastilah sangat dinanti. Ini merupakan bulan istimewa karena hadir sekali dalam setahun. Ada pula yang membuatnya makin istimewa yaitu karena dalam bulan Ramadhan terdapat malam lailatul qadar. Apakah itu?

Lailatul qodar

Malam lailatul qadar adalah malam yang amat mulia. Sebab di malam tersebut Al-quran diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini juga disebut dengan malam seribu bulan. Alasannya apalagi kalau bukan karena malam ini mempunyai kebaikan yang setara dengan seribu bulan. Sebagaimana Allah berfirman melalui surat Al-Qadr ayat 1-5 :

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam lailatul qadar ini datang di setiap Ramadhan. Yang kita tahu, malam istimewa ini berada di 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan. Seperti sabda Rasulullah SAW :

“Rasulullah bersabda: “Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Imam Bukhari).

Karena itu, biasanya umat Islam akan berbondong-bondong melakukan i’tikaf dan memohon ampunanNya di hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Jika kamu ingin mencapai malam lailatul qadar, ada baiknya kamu tahu apa saja keutamaan malam istimewa ini.

Baca Juga: Arah kiblat dan pengingat sholat

1. Malam diturunkannya Al-quran di dunia

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1)

Bagaimana tak istimewa, malam Lailatul qadar adalah waktu dimana Al-quran, kitab suci umat Islam turun ke dunia. Tentu Allah akan berikan banyak pahala dan berkah bagi umatNya yang makin mendekatkan diri di malam istimewa ini.

2. Malam pengampunan dosa bagi yang tekun sholat

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa salat pada Lailatulqadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau,” (H.R. Bukhari).

Sebagai tempatnya salah dan khilaf, seringkali kita luput juga memohon ampun kepada Allah. Di malam Lailatul Qadar ini adalah waktu yang tepat untuk menebus semuanya. Mohonlah pengampunan sebanyak-banyaknya dengan melakukan sholat dengan tekun. Insya Allah Allah akan bukakan pintu ampunan selebar-lebarnya.

3. Malam ketika pahala akan dilipatgandakan bagi yang beramal baik

“Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr:2–3)

Ketika dosa-dosa akan diampunkan, mengapa tak sekalian berbuat baik sebanyak-banyaknya? Malam Lailatul Qadar ini begitu istimewa karena Allah akan lipatgandakan pahala untukmu yang beramal baik. Bahkan sekecil apapun amalan baik yang kamu lakukan, ganjaran yang akan terima akan teramat besar.

4. Malam yang diberkahi

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

Umat Islam mana yang tak merindukan berkah dari Allah? Jika kamu termasuk kaum yang merindukan berkah dan rahmat dari Allah, maka beribadah dan beramal baiklah di malam Lailatul Qadar. Niscaya akan Allah berikan berkah seluas samudra untukmu.

5. Malam dimana umatNya dipenuhi dengan kesejahteraan

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5)

Malam Lailatul Qadar ini sangatlah merupakan malam yang langka. Datang sekali dalam satu tahun, meski tak diketahui tanggal atau hari pastinya. Sebab itu perbanyaklah ibadah dan doa di malam-malam akhir bulan Ramadhan demi kesejahteraan tanpa henti hingga esok-esok harinya.

6. Malam yang tepat untuk berdoa

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)

Banyak waktu yang disebut mustajabah, dimana doa-doa lebih cenderung akan dikabulkan oleh Allah. Malam Lailaut Qadar adalah salah satunya. Lalu mengapa tak menghabiskan malam-malam akhir bulan Ramadhan untuk memanjatkan doa-doa baik sebanyak mungkin? Insya Allah dikabulkan.

7. Malam yang penuh kebaikan

“Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah).

Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan yang penuh kebaikan, apalagi malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih dari seribu bulan. Janganlah kehilangan kesempatan untuk bertemu dengannya (malam Lailatul Qadar).

Tahun ini bulan Ramadhan mungkin terasa berbeda, tapi jangan sampai kita membedakan perlakukan terhadapnya. Bulan Ramadhan tetaplah bulan yang istimewa, penuh berkah dan juga berlimpah kebaikan. Selamat menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

 

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *