INFO PENTING

Di rumah aja ya. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan jangan lupa cuci tangan.

Cek informasi resmi terbaru COVID-19 di situs berikut ini (INDONESIA - WHO.)

Lindungi diri. Lindungi sesama.


Yuk Intip Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur

Pola hidup yang kurang baik sering kali menyebabkan proses metabolisme di dalam tubuh terhambat sehingga berpengaruh terhadap siklus haid. Anda ingin siklus haid Anda normal? Yuk, simak tips mengatasi haid agar teratur berikut ini.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

1. Mengkonsumsi vitamin

Jenis vitamin yang bagus untuk mencegah haid tidak teratur antara lain adalah vitamin D dan B. Sumber vitamin D dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi susu dan minyak ikan. Sedangkan, sumber vitamin B dapat Anda jumpai pada jagung. Vitamin B juga dapat meminimalisir gejala-gejala seperti nyeri haid dan lain-lain.

2. Melakukan yoga secara rutin

Yoga dapat menyebabkan hormon di dalam tubuh seimbang sehingga siklus haid menjadi lebih teratur dan tidak kacau, meminimalisir gejala sakit saat PMS dan lain-lain. Lakukan yoga secara rutin selama 30 hingga 40 menit.

3. Istirahat yang cukup

Loading...

Istirahat yang cukup memiliki peran yang penting bagi tubuh. Salah satunya adalah menyeimbangkan hormon-hormon di dalam tubuh, termasuk di dalamnya hormon yang mengatur haid. Anda dianjurkan untuk melakukan tidur minimal 7 hingga 8 jam per hari.

4. Banyak mengkonsumsi air putih

Air putih dapat membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Contohnya adalah proses pencernaan menjadi lancar, membantu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh dan lain-lain. Metabolisme yang lancar dapat membantu siklus haid menjadi lebih teratur.

5. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang mengalami perubahan secara drastis dapat menyebabkan haid Anda tidak teratur. Selain itu, dapat memicu derasnya aliran darah yang disertai dengan rasa sakit yang hebat. Oleh karena itu, Anda harus menjaga pola makan dan lakukan olahraga agar tubuh Anda menjadi ideal.

6. Olahraga secara rutin

Anda dapat membiasakan diri untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Contohnya jogging, berjalan, bersepeda, berenang dan lain-lain. Anda pilih salah satu jenis olahraga dan lakukan minimal 30 menit per hari. Olahraga dapat mengatasi PCOS yang memicu haid Anda tidak teratur. Olahraga ringan juga dapat mengatasi dismenore.

 

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *