INFO PENTING

Di rumah aja ya. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan jangan lupa cuci tangan.

Cek informasi resmi terbaru COVID-19 di situs berikut ini (INDONESIA - WHO.)

Lindungi diri. Lindungi sesama.


5 Referensi SMK Berbasis Pesantren Unggulan Dan Favorit di Indonesia

Menjelang lulusan sekolah di tingkat SMP/Mts banyak orang tua atau siswa kelas IX yang bingung mencari referensi sekolah. Salah satu sekolah yang dapat menjadi pilihan adalah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Berbasis Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs.

SMK Berbasis Pesantren

Dalam hal ini, penulis ingin memberikan tips jitu cara memilih sekolah.

  1. Tanyakan kepada sekolah tentang visi dan misi (jangan tanyakan biayanya dulu ya) sekolah tersebut karena visi dan misi adalah rohnya lembaga pendidikan
  2. Tanyakan program apa saja yang diberikan kepada siswa terkait visi dan misi karena tidak sedikit lembaga pendidikan yang memaparkan visi misi tapi hanya berupa tulisan-tulisan indah yang terpampang di setiap sudut sekolah
  3. Program yang diunggulkan
  4. Fasilitas sekolah
  5. Program dan layanan sekolah ketika anaknya lulus supaya tidak menganggur (tingkat SMA/SMK). Poin sangatlah penting karena banyak sekolah yang hanya berproses hanya sampai lulus sedang pasca lulus mereka tidak mendapatkan proses lebih lanjut.
  6. Jangan lupa, jika ada pelajaran agama untuk menanyakan background pendidikan guru agama karena ini sangat penting buat anak-anak kita.

5 SMK Pesantren Unggulan Dan Favorit Di Indonesia

Berikut referensi 5 SMK Pesantren Unggulan Dan Favorit di Indonesia

1. SMK AN NUR BULULAWANG – MALANG – JAWA TIMUR (www.smk-annur.sch.id)

SMK AN NUR BULULAWANG - MALANG

SMK An Nur Bululawang atau yang lebih popular dengan nama SMK Unggulan An Nur Bululawang-Malang-Jawa Timur adalah lembaga pendidikan yang murni 100% menerapkan wajib mondok kepada seluruh siswanya. SMK tersebut berada didalam Pondok Pesantren An Nur Bululawang Malang Jawa Timur yang mana pesantren tersebut santrinya berjumlah kurang lebih dari 10.000. SMK yang tepatnya berada di dalam Ponpes An Nur Satu ini didirikan pada tahun 2014 atas persetujuan kiai, alumni  dan Tokoh tokoh penting dilingkungan pesantren, sehingga SMK tersebut tergolong masih muda.

Meskipun tergolong muda, SMK Yang dipimpin oleh Nasional Master Trainer dan Motivator Nasional (Dr. HM. Taufiq.SP.,M.Pd atau yang lebih terkenal dengan Mr. Viqi) ini berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai SMK yang murni berbasis pesantren sebab sampai saat ini semua siswa dan siswinya konsisten diwajibkan di pesantren.

SMK yang memiliki 7 jurusan (Teknik Komputer Jaringan, Teknik Sepeda Motor, Tata Busana, Tata Kecantikan, Tata Boga, Keperawatan, dan Multimedia) ini juga telah ditunjuk menjaki SMK Pesantren Rujukan Nasional bidang Smart School serta  berhasil mewujudkan visi-misinya meskipun masih berusia 5 tahun. Adapun keberhasilannya dalam mewujudkan visi misinya sebagai berikut:

Bidang hafalan al quran

Sebagai program visi dan misi, pembelajaran Al quran dilakukan setiap hari di awal pembelajaran. Program ini diawasi khusus oleh Manager tahfidz sehingga kegiatan harian, program jangka pendek sampai jangka panjang tercapai. Para siswa yang telah mencapai target hafalan mendapatkan beasiswa pendidikan selama 1 semester.

Program tahfidz di SMK ini cukup berhasil karena setiap semester siswa yang mencapai target terus meningkat 50% , sedangkan siswa yang lain sedang proses hafalan 1 sampai 4 juz.

Bidang Bahasa Inggris

Dalam bidang Bahasa Inggris sama seperti manajemen bidang Hafalan Al Quran. Tim ini focus pengembangan siswa dalam hal komunikasi berbahasa inggris. untuk  mensukseskan program tersebut English communication diadakan setiap awal pembelajaran dan setiap 3 hari dalam seminggu mereka wajib komunikasi bahasa inggris. Selain itu, sekolah juga mendatangkan guru bahasa inggris dari luar negeri (Native speaker).

Selama 5 tahun sudah lebih dari 10 native speaker yang ngajar di SMK Unggulan An Nur. Bahkan pkursus bahasa inggris khusus guru dan saf juga pernah diadakan dalam membantu mensukseskan program ini. Berikut nama –nama guru luar negeri yang pernah mengajar di SMK Unggulan An nur:

  1. Stefania Bobkiewiccz dari Polandia
  2. Pieree Matteo dari Italia
  3. Gigendet Tom dari Prancis
  4. Marcus dari Canada
  5. Maxime Bois dari Prancis
  6. Otto dari Finlandia
  7. Ionut Cascaval dari Rumania
  8. Philippe Molittedari Amerika Serikat
  9. Ellie dari Prancis
  10. Raffael dari Polandia
  11. Cosmin
  12. Paul Sunzenauer dari Austria

Bidang wirausaha

Salah satu visi skolah adalah menjadikan para siswa yang utama adalah berwirausaha. Untuk program ini, sekolah membuat sebuah program teaching factory dan mendirikan unit usaha. Selain itu, seminar dan workshop kewirausahaan yang melibatkan wirausahawan sukses sering didatangkan untuk memberikan motivasi dan pembeljaran wirausaha kepada para siswa.

Selain sukses dalam menjalankan dan menerapkan visi dan misinya, sekolah yang memiliki Motto “Disiplin-Bersih-dan Ramah” ini juga berhasil menjuarai berbagai kompetisi regional dan nasional. Adapun kompetisi dan juara yang pernah didapatkan diantaranya:

  1. Juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Budang Multimedia Tingkat Kabupaten
  2. Juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Budang Multimedia Tingkat Kabupaten
  3. Juara Lomba kesehatan tingkat kabupaten dan provinsi
  4. Juara LKTI Tingkat Provinsi 2019
  5. Juara LKTI Nasional 3 kali 2019

2. SMK DARUNNAJAH LUMAJANG (https://www.darunnajahlmj.com)

SMK DARUNNAJAH LUMAJANG

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darun Najah merupakan Sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan Islam Darun Najah Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang yang didirikan oleh pengurus Lembaga Pendidikan Islam Darun Najah pada tanggal 1 Juli 2011.

Perkembangan SMK Darun Najah dari tahun ke tahun pun dapat dirasakan dengan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri dan swasta yang lain di Kabupaten Lumajang dengan mendapatkan beberapa prestasi yang membanggakan.

Lulusan SMK Darun Najah juga banyak yang sudah bekerja dan kuliah di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta di jawa maupun di luar pulau jawa.

SMK Darunnajah Lumajang memiliki 2 program kejuruan, diantaranya:

  • Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
  • Busana Butik

SMK Darunnajah juga telah memenangkan beberapa perlombaan, diantaranya:

Loading...
  1. Juara I Gerak Jalan (Putra & Putri) Kec. Sumbersuko
  2. Juara III Kaligrafi Kab. Lumajang
  3. Juara II dan III MKQ Kab. Lumajang
  4. Juara III MTQ Kab. Lumajang
  5. Juara III MTQ Kab. Lumajang
  6. Juara III Kaligrafi Kab. Lumajang
  7. Juara Harapan II MTQ Kab. Lumajang
  8. Juara Harapan III MTQ Kab. Lumajang

SMK Darunnajah Lumajang memberikan peluang untuk para santri yang memiliki potensi melalui ekstra kurikuler, dan program jurusan. SMK Darunnajah juga telah menghasilkan para santri-santri yang mampu membuktikan bahwa santri juga bisa berprestasi dan mampu bersaing dengan siswa-siswi yang bukan dari pesantren. Dan santri tidak hanya mengaji, tetapi mampu menjadi contoh bagi para anak negeri.

3. SMK NU BANAT KUDUS (http://www.smk-nubanat.sch.id/)

SMK NU BANAT KUDUS

SMK NU Banat Kudus mendapat perizinan untuk didirikan pada tanggal 13 Juni 2007, tepatnya di daerah Jln. KHM. Arwani Amin Kajan Krandon Kudus. SMK ini fokus di:

Program Studi Keahlian Tata Busana

Selama 3 (tiga) tahun peserta didik melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

  1. Kegiatan pengenalan (MOPDB) SMK NU Banat Kudus. Kegiatan ini bertujuan agar siswi mengenal semua sistem yang diberlakukan di sekolah agar peserta didik tidak mendapat kesulitan dalam pembelajaran 3 (tiga) tahun di sekolah.
  2. Kegiatan Belajar Mengajar.
  3. Bidang Akademik

Dari sudut pandang materi pelajaran, kegiatan belajar mengajar di SMK NU Banat Kudus mendukung dan merealisir tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah, sampai dengan selesai kelas XII SMK muatan yang di terima siswa dalam 1 minggu 52 jam kelas X, XI dan 54-58 jam kelas XII

Pembelajaran di SMK NU Banat Kudus dilaksanakan dengan sistem pembelajaran indoor maupun outdoor yang meliputi:

  1. Prakerin
  2. Kunjungan industri

Bidang Non Akademik

Kegiatan non akademik terprogram adalah :

  1. Karya Wisata
  2. Conversation, speech, and debate
  3. Kepemimpinan dan Bela Negara
  4. Seni lukis/kaligrafi/mading
  5. Pramuka dan PMR
  6. Bhayangkara
  7. Da’wah
  8. Olahraga

SMK NU Banat juga Memiliki Butik sendiri yang berada di Jln. Sunan Muria No. 14, dan juga membuka layanan seperti:

  • Melayani Pesanan Busana Pria, Busana Wanita, Busana Anak
  • Menyediakan Busana Kerja Etnik Texmo, Busana Muslim

SMK NU Banat menjadi salah satu sekolah yang bisa menjadikan wadah bagi para santri yang memiliki keahlian dalam bidang Tata Busana, untuk menghasilkan suatau karya yang dapat diperjualbelikan atau dipasarkan. Mereka juga diajarkan untuk membuat busana-busana para santri, sehingga mereka benar-benar belajar berbisnis. SMK NU Banat bisa membuktikan bahwa meskipun menjadi santri, namun tetap bisa wanita berkarir, dan dapat membuktikan bahwa santri juga bisa berkreasi dan berinovasi.

4. SMK NURUL JADID PROBOLINGGO (https://smknj.sch.id/)

SMK NURUL JADID PROBOLINGGO

Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Jadid merupakan satu-satunya sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren yang menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum Revolusi Industri 4.0 di Indonesia.

Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Jadid tepatnya di daerah Jl. Kyai Haji Jl. KH. Zaini Mun’im, Dusun Tj. Lor, Karanganyar, Kec. Paiton, Probolinggo, Jawa Timur 67291 adalah lembaga pendidikan keterampilan setingkat SLTA yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid. Sebagai salah satu keunggulan pendidikan di pondok pesantren, siswa diwajibkan mengikuti kegiatan keagamaan seperti pembiasaan Fudhul ‘Ainiyah, Pengajian Al-Qur’an, Pengajian Kitab Kuning, Praktek Ibadah, Pembinaan Akhlaqul Karimah, dll.

Rencana pendirian SMK sudah ada sejak periode KH. ABD. Wahid Zaini menjabat sebagai Pengasuh, namun karena beberapa kendala, rencana tersebut tidak dapat direalisasikan. Ide pendirian sekolah kejuruan kembali muncul ketika KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur Dur) yang menjabat presiden RI menekankan pembangunan sumber daya laut di Indonesia. Kegagalan mewujudkan sekolah kejuruan sebelumnya tidak membuat Pondok Pesantren Nurul Jadid surut. Besarnya dorongan alumni. wali santri, dan simpatisan untuk berdirinya SMK direspon dengan keluarnya Surat keputusan Ketua Yayasan  tertanggal 1 Maret 2005 tentang tim pendirian Sekolah Menengah Kejuruan.

Berdirinya SMK Nurul Jadid ternyata mendapatkan respon sangat positif dari masyarakat.  Sampai Tahun Ke tiga, SMK Nurul Jadid memiliki 3 program keahlian dengan 7 rombongan belajar. Dan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Adapun Program Studi yang terdapat di SMK Nurul Jadidi ini di antaranya:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Multimedia
  3. Teknik Komputer dan Jaringan
  4. Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
  5. Tata Busana
  6. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan

SMK Nurul Jadid telah membuktikan bahwa meskipun para generasi berada di dalam pondok pesantren, mereka tetap bisa berkarya. Dan SMK Nurul Jadid juga memiliki fasilitas agar para santri bisa menyalurkan bakat-bakatnya, dan membuktikan, bahwa santri juga bisa menjadi generasi milenial yang mampu menciptakan hal-hal baru untuk masa depan lebih baik.

5. SMK SUNAN DRAJAT, LAMONGAN (smksunandrajat.sch.id)

SMK SUNAN DRAJAT, LAMONGAN

Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan adalah salah satu Yayasan yang memiliki SMK Pesantren yang berada di daerah Lamongan, yaitu SMK Sunan Drajat Lamongan. Tidak hanya itu di Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan juga terdapat MTS Sunan Drajat, MMA Sunan Drajat, SMPN 2 Paciran, MA Ma’arif 7 Sunan Drajat, dan Institut Pondok Pesantren Sunan Drajat.

SMK Sunan Drajat Lamongan berdiri pada tahun 1994, Bermula dari keinginan tinggi pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat DR. KH. Abdul Ghofur yang bermaksud mencetak kader profesional yang siap kerja dan ahli di segala bidang, maka Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat mendirikan STM NU 1 Paciran, SMEA NU 2 Paciran dan SUPM. STM NU mendidik dibidang Ekonomi, sedangkan SUPM mendidik siswa dibidang Kelautan.

Tahun Pendidikan dan Kebudayaan RI, STM NU 1 Paciran, SMEA NU 2 Paciran dan SUPM berganti nama menjadi SMK NU 1 Paciran, SMK NU 2 Paciran dan SMK Kelautan Sunan sangat baik dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat.

Tahun 2008 muncul gagasan baru, SMK NU 1 Paciran dan SMK Kelutan Sunan Drajat diupayakan untuk bergabung menjadi satu sekolah dengan alasan ketiga sekolah tersebut berada dalam satu yayasan, maka dibentuklah Tim Merger untuk mengawal penggabungan (merger) tiga sekolah menjadi satu sekolah yang dalam kesepakatan selanjutnya Sekolah Baru hasil penggabungan tersebut diberi nama SMK Sunan Drajat Lamongan. Hingga pada tahun 2011 sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Nomor: 420/4789/413.101/2011 keluar izin operasional SMK Sunan Drajat Lamongan dengan 14 Kompetensi Keahlian yaitu:

  1. Teknik Permesinan
  2. Teknik Kendaraan Ringan
  3. Teknik Sepeda Motor
  4. Teknik Elektronika Industri
  5. Teknik Komputer dan Jaringan
  6. Multimedia
  7. Pemasaran
  8. Busana Butik
  9. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
  10. Akuntansi
  11. Teknik Gambar Bangunan
  12. Nautika Kapal Penangkap Ikan

SMK Sunan Drajat Lamongan mampu menjadi salah satu sekolah SMK Pesantren Favorite, karena SMK Pesantren ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk siswa – siswi yang ingin mempelajari tentang agama, namun juga bisa berbisnis serta menyalurkan bakat mereka dengan adanya program jurusan dan ekstrakurikuler yang ada di SMK Sunan Drajat Lamongan ini.

Ditulis oleh Mohamad Feri, S.S via [email protected]

 

5 Referensi SMK Berbasis Pesantren

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *