daftar iklan mgid

Mengenal Human Capital beserta Skill yang Harus Dimiliki

Untuk menunjang operasional perusahaan, maka dibutuhkan keberadaan sumber daya manusia atau human resource. Namun tidak semua perusahaan memahami pentingnya sumber daya manusia yang harus dijaga, sehingga tak sedikit dari mereka yang mudah mengganti karyawan baru dan abai terhadap karyawan yang ada. Padahal sumber daya manusia merupakan aset berharga yang disebut dengan human capital.

human capital

Di masa perkembangan pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, perusahaan pun akan menyadari bahwa karyawan sangat penting untuk memajukan bisnisnya. Sehingga karyawan tidak lagi dipandang sebatas sumber daya tetapi aset penting untuk perkembangan dan kelangsungan perusahaan. Hal tersebutlah yang disebut human capital.

Pengertian Human Capital

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu human capital? Pengertian human capital sendiri yaitu segenap pengetahuan, keterampilan atau keahlian serta kreativitas yang diwujudkan dalam bentuk kemampuan kerja untuk menghasilkan layanan profesional serta nilai ekonomi.

Umumnya human capital masuk ke dalam manajemen sumber daya manusia, namun pengembangan serta pengelolaannya terfokus pada tingkatan pengetahuan serta keterampilan yang mendukung perkembangan perusahaan atau organisasi.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu human capital, mengingat human capital memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari sumber daya manusia dan berperan penting untuk perusahaan. Oleh sebab itu, peran human capital sendiri tidak memandang sumber daya manusia sebagai liabilitas atau membebani keuangan serta mengurangi keuntungan perusahaan.

Skill yang Dimiliki Human Capital Management

Human capital adalah strategi yang tepat untuk mengoptimalkan talenta guna menciptakan atau menghasilkan value yang dapat mengaktualisasi serta mempercepat strategi bisnis yang efisien dan efektif. Konsep human capital membuat karyawan memiliki nilai sebagai sumber daya manusia yang penting dan aset perusahaan.

Ada beberapa skill yang yang harus dimiliki human capital management, di antaranya sebagai berikut:

1. Intelektual

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, human capital adalah kemampuan pengetahuan, keterampilan serta kreativitas untuk menghasilkan kinerja yang profesional. Oleh sebab itu, diperlukan intelektual dalam diri setiap orang. Intelektual bukan hanya didapatkan dari orang yang berpendidikan tinggi, tetapi dari orang yang memiliki pikiran berkualitas serta gagasannya bernilai, sehingga dapat diterima masyarakat.

2. Emosional

Kemampuan yang dimiliki human capital selanjutnya yaitu memiliki kemampuan emosional yang baik. Di mana seseorang bisa menjaga emosionalnya, serta memahami emosional orang lain. Hal tersebut sangat penting untuk bisa menjaga situasi ketika berinteraksi.

3. Sosial

Anda juga harus memiliki kemampuan sosial yaitu saling menghargai perbedaan dalam hidup. Kemampuan ini membawa kehidupan yang bersinergi dalam perbedaan, sehingga dapat kerjasama dengan baik.

4. Moral

Human capital juga harus memiliki kemampuan moral artinya karyawan dapat mengintegrasikan nilai moral dalam perilaku sepertinya memiliki sikap peduli dengan sesama, bertanggungjawab, pemaaf, serta tidak mahal menyakiti karyawan lain.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai human capital, mulai dari pengertian hingga skill yang harus dimiliki di dalamnya. Ketika karyawan menjadi aset penting perusahaan, maka karyawan harus dijaga serta dilindungi dengan baik.

 

Mengenal Human Capital beserta Skill yang Harus Dimiliki

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *