Naufal Raziq Ilmuwan Cilik Penemu Sumber Listrik Dari Pohon

Posted on

Sosok Naufal Raziq (14), bocah dari Langsa Lama, Kota Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ini seperti anak pada umumnya, tidak ada yang istimewa. Namun, siapa sangka ternyata Naufal adalah seorang ilmuwan cilik yang berhasil menemukan sumber energi listrik baru yang dihasilkan dari pohon kuda-kuda atau kedondong pagar. Berkat Naufal Raziq yang kini duduk di kelas III MTS Negeri Langsa Lama ini, kegelapan yang membelenggu desanya di malam hari karena belum ada jaringan listrik, menjadi terang-benderang.

Naufal Raziq saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar paling senang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sewaktu mempelajari buku IPA tentang teori zat asam bisa menjadi sumber energi listrik di kelas 6 SD, dia pun tertarik mempelajarinya lebih lanjut. Didukung Bu Anita gurunya, Naufal mengadakan eksperimen terhadap beberapa pohon yang akhirnya menemukan energi listrik dari getah pohon kedondong hutan atau penduduk setempat menyebut pohon kuda-kuda (keurundong pageu) untuk diubah menjadi tenaga listrik.

Naufal Raziq Ilmuwan Cilik Penemu Sumber Listrik Dari Pohon
foto: aceh.tribunnews.com

Sumber Energi Listrik Dari Pohon Kedondong Pagar

 

Penemuan Naufal Raziq atas sumber energi listrik dari getah pohon kedondong pagar cukup mencengangkan semua masyarakat desa karena tidak ada yang menyangka bahwa pohon kuda-kuda (keurundong pageu) yang banyak tumbuh di daerahnya bisa menjadi sumber tenaga listrik yang aman dan murah. Apalagi ditemukan oleh seorang bocah yang baru berusia 10 tahun.

Percobaan yang dilakukan Naufal mendapat dukungan dari orang tua dan guru untuk mendapatkan sumber energi listrik dari buah-buah yang mengandung asam seperti kentang, jeruk seperti yang dijelaskan pada pelajaran IPA yang diperolehnya. Awalnya Naufal melakukan eksperimen terhadap buah-buah namun berulang kali gagal sehingga mengalihkan percobaan langsung ke pohon dari buah-buahan tersebut.

Pertama kali eksperimen dilakukan pada pohon mangga, tapi tidak menghasilkan listrik. Beberapa kali melakukan percobaan pada pohon yang lain, sampai pada akhirnya menemukan pohon kedondong pagar yang getahnya bisa menjadi sumber listrik.

Dari hasil eksperimen yang dilakukan Naufal Raziq bocah dari Aceh ini berwujud sangat sederhana. Media yang digunakan berupa lempengan besi yang menghubungkan kabel pada power supply berbentuk persegi panjang yang memuat kabel sebagai penghantar listrik serta kapasitor yang dihubungkan ke pohon kedondong pagar dengan cara dibor. Arus listrik sangat ditentukan oleh kadar asam pada pohon dan bisa menghasilkan energi listrik 0,5-1 volt yang mampu menghidupkan dua bola lampu yang bisa menyala sepanjang hari.

Hasil temuan ini oleh Fakrayanti guru dari MTsN tempat Naufal belajar, diikutsertakan ke kontes Teknologi Tepat Guna (TTG) se-Aceh pada 2015 dan mendapat juara ke-2 dengan hadiah uang pembinaan sebesar 9 juta.

Pada Oktober 2016 lalu, Pertamina mengundang Naufal Raziq ilmuwan cilik dari Aceh ini, dalam gelaran Pertamina Science Fun Fair 2016 di Grand Atrium Kota Kasablanka. PT Pertamina (Persero) yang terus melakukan inovasi berkaitan dengan energi seperti bahan bakar pertalite, memberikan beasiswa sampai jenjang SMA dan Kuliah serta dibantu oleh PT Pertamina EP Rantau Field dalam pendanaan dan pengembangan Pohon Pijar di daerahnya.

Biodata Naufal Raziq

Nama: Naufal Raziq
Tempat, tanggal lahir: Langsa, 20 Maret 2002
Pendidikan: MTsN Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa
Cita-cita: Jadi ilmuwan
Orangtua: Supriaman/Deski
Alamat: Jalan A Yani, Kampung Baru, Gang Sopan No 11 Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

 

Naufal Raziq Ilmuwan Cilik Penemu Sumber Listrik Dari Pohon – Padamu Negeri

 

Rekomendasi Artikel

loading...
Gambar Gravatar

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

One thought on “Naufal Raziq Ilmuwan Cilik Penemu Sumber Listrik Dari Pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *