Alasan dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Ciamik

Untuk melamar pekerjaan, diperlukan surat sebagai salah satu pertimbangan perusahaan menerima atau menolaknya. Dengan membuatnya se menarik mungkin, akan mempengaruhi hasil dari proses seleksi. Harus diperhatikan juga cara membuat surat lamaran kerja yang ciamik.

Membuat Surat Lamaran Kerja

Alasan Surat Lamaran Kerja Harus Dibuat Menarik

Dalam surat lamaran kerja ini, ada beberapa bagian harus ditulis seperti alasan mengapa Anda memilih pekerjaan tersebut, posisi yang diinginkan dan lain sebagainya. Dengan begitu, pihak perusahaan lebih mengerti latar belakang dan tujuan bekerja di sana.

Penulisan surat lamaran kerja yang dibuat menarik, akan membuat pembacanya merasa puas dan senang hati mempertimbangkannya. Oleh karena itu, jangan sampai ditambahkan berbagai ornamen yang tidak penting.

Agar terlihat ciamik, surat lamaran cukup dibuat sesuai urutannya saja, dibuat dengan jujur, teliti dan juga memperhatikan tata bahasa sesui EYD. Sehingga, surat lamaran kerja Anda akan terlihat lebih simple namun efektif dan menarik.

Baca juga update Info Cara Berhenti Donasi UNICEF di Indonesia

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Menarik di sini memiliki arti, surat lamaran kerja efisien dan mudah dipahami. Ada beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang ciamik dan harus diperhatikan, menurut situs Duwitmu, seperti:

1. Menggunakan Pilihan Kata yang Mudah Dipahami

Perhatikan kata yang digunakan dan jangan bertele-tele ataupun menggunakan singkatan membingungkan. Gunakanlah penyampaian yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas dan juga sopan. Sehingga, ketika surat tersebut dibaca oleh yang bersangkutan, mereka dengan mudah memahaminya.

Namun, jangan menggunakan bahasa yang terlalu tinggi (bahasa ilmiah). Terkadang beberapa orang kurang bisa mencernanya. Bahasa santai akan lebih diminati dan cenderung terkesan baik di mata penerima lamaran kerja tersebut.

2. Tujuan Surat Harus Jelas

Untuk membuat surat lamaran yang baik, pastikan menuliskan tujuan dengan jelas. Contohnya, saat menulis nama perusahaan tujuan harus dengan benar ejaan dan alamat yang dituju.

Jika salah sedikit saja, hal ini bisa berpengaruh pada proses dan pertimbangan. Bisa saja Anda akan dinilai sebagai orang yang kurang teliti dan lamaran ditolak.

3. Perhatikan Langkah dalam Menulis

Pertama. Cantumkan tempat dan tanggal penulisan surat. Tulislah juga nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang ingin Anda tuju, kemudian salam hormat. Tulislah kata pembuka dan informasikan dari mana mendapat lowongan.

Setelah itu, nyatakan posisi jabatan yang dipilih dan tulislah biodata pribadi. Tuliskan dengan lengkap hingga latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan juga kemampuan. Untuk paragraf terakhir, tuliskan kata penutup dan juga tanda tangan atau nama terang.

4. Lampirkan Beberapa Berkas

Untuk lebih mempercantik dan menyakinkan surat lamaran, cantumkan beberapa berkas pendukung yang diperlukan. Seperti:

SKCK. Ini digunakan untuk meyakinkan bahwa Anda memiliki kelakuan baik dan tidak terlibat beberapa masalah kriminal dalam kehidupan sehari-hari.

Surat kesehatan. Berguna untuk memberi informasi bahwa pelamar dalam keadaan sehat dan tidak menderita berbagai macam penyakit.

Ijazah. Semakin tinggi tingkat pendidikan, biasanya semakin besar pula peluang diterima dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu, lampirkan pendidikan tertinggi yang dimiliki.

Prestasi. Penerima lamaran akan lebih yakin untuk menerima Anda karena memiliki beberapa skil dan dasar-dasar mudah saat proses adaptasi.

Pengalaman kerja. Semakin banyak pengalaman, biasanya perusahaan tidak akan menunda untuk menerima Anda menjadi karyawannya.

Cara membuat surat lamaran kerja yang ciamik di atas akan mempermudah kamu untuk melalui proses seleksi dan memperbesar peluang diterima. Selain itu, pastikan juga memilih perusahaan ternama agar lebih terjamin dalam bekerja.

 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *