daftar iklan mgid

Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen saat pertama kali diseruput mungkin akan terasa sangat pahit bagi yang tidak biasa. Namun bagi penikmat kopi sejati akan merasakan sensasi manis di balik rasa pahit itu.

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Ya.. kopi hitam. Seduhan dari biji tanaman kopi yang telah digiling menjadi bubuk halus ini bukan hanya menciptakan rasa dan aroma khas namun juga memiliki filosofi yang sangat mendalam bagi kehidupan.

Secangkir kopi hitam yang tak berubah dari warna aslinya saat diseduh. Dan rasa pahit tetap dihadirkan saat ujung lidah mengecapnya. Kopi jujur, apa adanya tanpa campuran essen atau yang lainnya.

Kopi Hitam adalah sebuah kejujuran rasa yang tidak bisa menipu. Rasa pahit tidak akan pernah disembunyikan meskipun ditambah apapun dan tanpa malu mengakui warna hitamnya meskipun dicampur susu atau krim. Warna hitam masih menjadi bagiannya.

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Awalnya kopi hanyalah kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen. Hanya keangkuhan manusia untuk membuat kopi berbeda dari aslinya.

Dalam legenda diceritakan, awalnya kopi merupakan tumbuhan liar di Afrika, yang ditemukan oleh Kuldi, seorang penggembala kambing yang tinggal di Etiopia, sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Namun, ada kisah lain menyebutkan bahwa tanaman kopi itu ditemukan dan dikembangkan di Yaman bagian selatan Arab.

sejarah kopi

Entah mana yang benar, tapi yang pasti Kopi merupakan tanaman hasil bumi yang masuk dalam kelompok tanaman semak belukar dengan genus Coffea. Saat ini ini, kopi menjadi salah satu minuman populer di seluruh dunia yang dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, kopi merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi.

Bahkan Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Menurut Kementerian Pertanian, di tahun 2019 produksi kopi di Indonesia mencapai 729,074 ton atau sekitar 8 % dari produksi kopi dunia.

Sedangkan lima daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia adalah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Sulawesi Selatan, Pulau Bali, dan Pulau Flores.

Indonesia awalnya dikenal sebagai produsen kopi, perlahan berkembang menjadi negara konsumen kopi. Bahkan, industri pengolahan kopi nasional tidak hanya menjadi pemain utama di pasar domestik, tetapi juga telah merambah sebagai pemain global.

Komposisi produksi kopi Indonesia adalah kurang lebih 70% untuk kopi jenis arabika dan 30% untuk kopi jenis robusta. Kopi arabika memiliki tingkat aroma dan rasa yang kuat. Sedangkan Kopi robusta rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak.

Jika ingin tahu perbedaan kedua kopi tersebut adalah dengan cara Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen. Artinya kopi diminum tanpa campuran apapun. Essen atau campuran apapun pada kopi akan mengurangi kafein, aroma dan rasa asli kopi.

Perlu diketahui bahwa bahwa essen (essence) adalah bahan penambah makanan yang berupa bubuk atau cairan yang memiliki aroma. Misalkan bahan roti yang diberi essen durian akan menghasilkan roti rasa dan beraroma durian tanpa harus menambah buah durian asli.

Ada juga essen rasa dan aroma kopi yang terkadang ditambahkan ke dalam minuman kopi agar rasa dan aromanya bertambah kuat . Mungkin bagi orang awan tidak begitu tahu. Namun bagi penikmat kopi jujur sejati akan bisa membedakan mana yang kopi asli atau kopi dengan campuran essen. Atau minuman biasa namun memiliki rasa dan aroma kopi, setelah ditambah essen kopi.

essen kopi

Bagaimanapun juga rasa dan aroma kopi yang asli entah itu arabika maupun robusta akan tetap diketahui oleh penikmat kopi sejati yaitu kopi jujur, kopi tanpa campuran essen. Atau juga biji kopi yang dicampur bahan lain seperti jagung atau beras ketika dijadikan bubuk kopi.

Selain itu, hanya kopi jujur yang diyakini sebagai minuman yang memiliki khasiat yang dapat mengurangi resiko beberapa penyakit serta dapat menambah energi karena kandungan kafeinnya.

Kopi Blockchain Kopi Jujur

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kopi merupakan salah satu komoditas perdagangan yang cukup besar di dunia, maka seiring berkembangnya teknologi  maka bisnis kopi pun mengikuti  kemajuan dengan muncul aplikasi Kopi Blockchain.

Pengertian Blockchain secara umum adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang mana memiliki catatan transaksi digital berstruktur. Catatan transaksi individu ini disebut sebagai block (blok) yang dihubungkan ke dalam satu daftar terstruktur yang disebut dengan chain (rantai) sehingga disebut dengan blockchain.

Blockchain merupakan sistem transaksi digital yang dikelola dalam jaringan komputer yang tidak dimiliki oleh satu entitas. Teknologi ini terdiri dari blok yang menampung transaksi, di mana masing-masing blok saling terkait melalui kriptografi. Jaringan blockchain tidak memiliki otoritas pusat dan sifat transaksi buku besar tidak bisa dirubah, informasi di dalamnya terbuka untuk siapa saja dan semua orang untuk melihatnya.

Dengan demikian Blockchain merupakan sebuah bentuk dari teknologi, bukan nama merek atau perusahaan sebagai platform mencatat rantai data dari block. Blockchain berbasis komputer, dimana setiap rangkaian catatan data transaksi akan terus terupdate dan tervalidasi.

Sedangkan KOPI BLOCKCHAIN (KOPI) adalah unit aset digital yang menggunakan sistem Ethereum Virtual Machine (EVM) yang didesentralisasi untuk memfasilitasi transaksi dan transfer.

KOPI BLOCKCHAIN (KOPI) ​​adalah sistem digitalisasi komoditas kopi yang menggunakan teknologi blockchain pada Platform Ethereum. Teknologi ini akan memungkinkan pelacakan transaksi pada etherscan.

Kopi Blockchain

Dengan adanya kopi blockchain, pembeli dan penjual kopi dapat melakukan transaksi secara langsung melalui jaringan Blockchain dan setiap komputer yang terhubung dengan jaringan Blockchain akan menjadi saksi yang memvalidasi setiap proses transaksi.

Selain itu, akan memudahkan perdagangan fine kopi robusta, memberikan discount harga untuk pembeli kopi, mengurangi biaya inventori bagi pengusaha kopi dan  memudahkan tracing untuk pembelian kopi.

KOPI BLOCKCHAIN akan memfasilitasi transparansi dan keandalan (kopi jujur) melalui sistem dari hulu ke hilir yang dapat dilacak untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas kopi dengan sistem Blockchain.

Beberapa keuntungan dengan digitalisasi kopi dengan menggunakan teknologi Blockchain, antara lain:

  • Dapat membantu mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir
  • Mempermudah dalam mengontrol dan mengelola hasil perkebunan kopi
  • Membuat transparansi dari produksi kopi yang disebut “kopi jujur”
  • Meningkatkan permintaan dari ekspor kopi jujur
  • Memfasilitasi proses pembelian kopi dari pembeli kepada petani

Selengkapnya untuk mengetahui Kopi Blockchain dapat berkunjung ke http://kopiblockchain.io

Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis

Kalau Kopi jujur yang ini bukan nama produk apalagi berorientasi bisnis, namun merupakan sebuah gerakan “Donasi Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis Untuk Tenaga Medis.” Aksi ini akan dilakukan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020.

Kegiatan donasi ini berkaitan dengan wabah COVID 19 yang melanda Indonesia. Tenaga medis dan tenaga kesehatan yang menjadi garda depan dalam menanggulangi wabah ini harus mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak. Termasuk kelompok produsen dan penikmat kopi.

Aksi Kegiatan ini legal karena mendapatkan dukungan dari kitabisa.com dan benihbaik.com serta telah diulas oleh berbagai media masa.

Untuk itu, Kopi Jujur menyiapkan 1 juta cup kopi jujur hangat yaitu kopi yang diolah menggunakan 100 persen kopi asli dan air jahe gula aren yang dapat menambah stamina dan aman, sebagai bentuk dukungan untuk dokter hingga karyawan rumah sakit yang menjadi garda terdepan penanggulangan Covid-19.

Langkah awal dimulai oleh Bencoolen coffee yaitu produsen kopi pilihan dengan cita rasa dan ciri khas masing-masing dari daerah di Bengkulu ini dengan berdonasi 10 Ribu cup Kopi Tubruk 100 % Fine Robusta Asli.

Kopi jujur mengajak seluruh komunitas kopi, para barista indonesia, pengusaha, para-millenial (influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers) dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di indonesia dengan menjadi Barista Relawan yang akan ditempatkan di rumah sakit rujukan corona di jakarta dan segala bentuk dukungan lain yang dapat diberikan.

aksi kopi jujur

Mari kita bangkit bersama

#KOPIJUJURLAWANCORONA

 

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (8)

  1. kopi yang benar adalah kopi buatan emakku , hehehe, kopi gorengan sendiri yang biasanya emakku membuatnya, biji kopi di goreng sangan setelah gosong baru karak/ nasi kering di masukkan, lalu digoreng terus sampai warna sama gosongnya , lalu di angkat dan di duplak /di tumbuk sampai halus….maaf ini pemahamanku kopi asli emakku