daftar iklan mgid

Perbedaan Brownies Panggang dan Brownies Kukus

Salah satu kue (cake) yang berasal dari luar sudah cukup dikenal di Indonesia adalah Brownies. Kue brownies ini berasal dari Amerika dan memiliki kandungan lemak serta telur yang tinggi. Penggunaan coklat secara keseluruhan pada kue ini memberikan penampakan coklat pada seluruh permukaannya menjadikan kue ini dinamakan brownies.

kue brownies

Kue Brownies

Bahan baku pembuatan brownies pada umumnya menggunakan tepung terigu dan ada dua jenis brownies berdasarkan cara membuatnya yaitu brownies panggang (oven) dan brownies kukus. Untuk lebih detail mengenai resep dan cara membuat kue brownies kukus anda bisa kunjungi website Selerasa.

Brownies termasuk jenis family cake yang berwarna coklat dan tidak mengembang, namun mempunyai tekstur dalam yang moist (lembab), bagian atas brownies bertekstur kering, memiliki rasa yang manis dan aroma khas coklat.

Brownies dapat di bagi menjadi dua macam yaitu (1) brownies kukus yaitu adonan brownies dimatangkan dengan metode pengukusan dan (2) brownies panggang (oven) yaitu adonan brownies dimatangkan dengan metode pemanggangan. Namun bahan pembuatan bahan yang digunakan pada pembuatan kedua jenis brownies tersebut tetap sama yaitu terigu.

Metode yang berbeda dalam pengolahan memberikan perbedaan karakteristik pada produk akhir brownies. Brownies panggang memiliki nilai sensasi basah saat di mulut yang lebih rendah dibandingkan brownies kukus.

Karakteristik Kue Brownies

Karakteristik kue brownies dapat dilihat dari aspek warna, rasa, aroma dan tekstur yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Warna

Warna brownies adalah coklat pekat atau coklat kehitaman, yang mempengaruhi warna dalam pembuatan brownies adalah coklat. Coklat yang digunakan adalah coklat bubuk.

2. Rasa

Rasa brownies merupakan kombinasi antara dua unsur rasa manis dan rasa coklat. Hal yang dapat memberikan rasa manis adalah gula sedangkan coklat memberikan rasa khas coklat pada brownies. jadi rasa brownies yang baik adalah manis legit khas coklat.

3. Aroma

Aroma brownies adalah harum khas coklat, bahan yang dapat mempengaruhi aroma brownies adalah telur dan coklat. Tetapi bahan yang mendominasi aroma brownies adalah coklat sehingga aroma yang ditimbulkan brownies yaitu harum khas coklat.

4. Tekstur Luar

Tekstur brownies adalah tampak luar kering.

5. Tekstur Dalam

Tekstur dalam brownies adalah lembab atau moist. Hal tersebut disebabkan oleh adonan yang berat sehingga tekstur brownies lembab dan kurang mengembang.

Perbedaan Brownies Panggang dan Brownies Kukus

Brownies Panggang Brownies Kukus
Tekstur Tekstur garing di luar dan biasanya lembut di dalam Memiliki tekstur yang lembab dan empuk
Rasa Rasa yang yang dihasilkan cenderung lebih kompleks. Umumnya memiliki rasa yang cenderung tulen.
Aroma Wangi dari kue brownies lebih tercium Wangi kue yang dihasilkan cenderung kurang kuat
Ketahanan Lebih awet untuk disimpan dan dinikmati dalam waktu yang cukup lama, bahkan tanpa perlu memasukkannya ke lemari es Tak bertahan lama. Brownies hanya akan bertahan sekitar 2-3 hari saja sebelum kemudian basi atau berjamur.

 

Perbedaan Brownies Panggang dan Brownies Kukus

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *