Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Pengertian struktur secara umum adalah cara bagaimana sesuatu itu disusun. Dengan demikian, pengertian struktur pada tumbuhan adalah susunan yang ada pada tumbuhan itu sendiri. Dalam struktur tumbuhan memiliki beberapa bagian, yang mana tiap-tiap bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Pada tubuh tumbuhan terdapat tiga bagian pokok yaitu akar, batang, dan daun. Sedangkan bunga, buah, dan biji merupakan organ khusus pada tumbuhan. Bagian-bagian tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Struktur Tumbuhan

Dalam morfologi tumbuhan yaitu cabang ilmu botani yang mempelajari struktur luar tubuh tumbuhan yang bisa dilihat secara langsung, dapat diidentifikasi tumbuhan tersebut.

Susunan organ pokok yang membentuk tubuh tumbuhan terdiri atas akar, batang, daun. Setiap bagian tumbuhan tersebut memiliki struktur dan fungsi yang berbeda-beda.

1. Akar

Akar adalah bagian pokok di samping batang dan daun bagi tumbuhan yang tubuhnya telah merupakan kormus. Akar merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan zat hara dari dalam tanah.

Tidak semua akar dapat mengisap zat-zat makanan, tetapi hanya bagian tertentu saja yaitu bagian yang belum diliputi gabus dan bagian yang belum tua. Bagian yang berperan dalam penghisapan makanan ini mudah mengalami kerusakan karena lingkungan yang tidak cocok, misalnya karena aerasi yang jelek, kurangnya kadar air dalam tanah dan tingginya keasaman tanah

Akar tersusun atas dua struktur, yaitu struktur luar (morfologi) dan struktur dalam (anatomi). Secara morfologi, akar tersusun atas rambut akar dan tudung akar, sedangkan secara anatomi akar tersusun atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat.

2. Batang

Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting dan mengingat tempat serta kedudukan batang bagi tubuh tumbuhan, batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan

Batang merupakan organ tempat lintasan makanan hasil fotosintesis yang diproduksi oleh daun. Sebagian hasil fotosintesis tersebut dibawa keseluruh tubuh dan sebagian lagi disimpan pada batang sebagai cadangan makanan.

3. Daun

Daun merupakan organ fotosintesis utama pada sebagian besar tumbuhan, meskipun batang yang berwarna hijau juga melakukan fotosintesis.33 Daun sesungguhnya adalah cabang atau ranting yang mengalami modifikasi. Pada tumbuhan tingkat tinggi daun merupakan tempat penting untuk fotosintesis.

Daun merupakan salah satu organ pokok pada tumbuhan. Daun berbentuk pipih melebar dan pada umumnya berwarna hijau karena mengandung kloroplas di dalam sel-selnya. Daun terdapat dibagian atas tumbuhan dan melekat pada batang.

Struktur tumbuhan memiliki beberapa bagian, yang mana tiap-tiap bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Fungsi Tumbuhan

Akar, batang, dan daun pada tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan fungsi pada bagian tumbuhan yang berupa: akar, batang, dan daun.

1. Akar

Akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi antara lain:

  • Menyerap air dan garam-garam mineral (zat hara) dari dalam tanah.
  • Menunjang dan memperkokoh berdirinya tumbuhan ditempat hidupnya.
  • Sebagai alat pernapasan.
  • Sebagai tempat cadangan makanan.

2. Batang

Batang pada tumbuhan mempunyai beberapa fungsi, yaitu antara lain:

  • Menyalurkan air dan garam mineral dari akar menuju daun dan menyalurkan zat makanan hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tubuh tumbuhan yang lainya.
  • Sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan biji agar mudah terkena cahaya matahari dan mudah terjadi penyerbukan serta penyebaran buah dan biji.
  • Batang dapat berfungsi untuk membantu pernapasan, karena oksigen dapat masuk melalui lentisel.

3. Daun

Daun pada tumbuhan mempunyai beberapa fungsi, antara lain:

  • Pengambilan zat-zat makanan (resorbsi), terutama yang berupa zat gas (CO2)
  • Pengolahan zat-zat makanan (asimilasi)
  • Penguapan air (transpirasi)
  • Sebagai alat pernapasan (respirasi)

 

Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *