daftar iklan mgid

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Mengetahui cara membersihkan mesin cuci dengan benar merupakan hal yang sangat penting. Sebab, melakukan pembersihan dengan cara yang benar merupakan salah satu bentuk perawatan yang akan menjadikan mesin tersebut lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Tentu sayang sekali jika mesin cuci yang Anda gunakan cepat rusak hanya karena jarang dibersihkan atau keliru dalam membersihkannya. Karena jika mesin mengalami kerusakan, tentunya Anda akan kerepotan karena harus kembali mencuci pakaian secara manual.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan cara membersihkan mesin cuci yang benar sebagaimana yang akan saya sebutkan di bawah ini. Sebelum lanjut, perlu saya ingatkan bahwa membersihkan mesin cuci harus dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan jenis mesin cuci tersebut.

Cara membersihkan Mesin Cuci Sesuai Dengan Jenis Mesinnya

Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Load (Bukaan Depan)

1. Tuangkan Air Panas ke Dalam Mesin Cuci

Langkah paling pertama yang perlu dilakukan pada cara mencuci mesin cuci yang benar untuk jenis front load adalah dengan mengosongkan mesin cuci terlebih dahulu, lalu menuangkan air panas ke dalam mesin cuci. Setelah itu tinggal menjalankan siklus pencucian.  Langkah pertama ini sangat penting dilakukan agar residu deterjen yang kemungkinan masih tertinggal di dalam tabung mesin cuci bisa dihilangkan dengan sempurna.

2. Masukkan Cuka Putih

Setelah siklus pertama selesai, buanglah air panas tersebut. Setelah itu isilah kembali tabung mesin cuci dengan air panas, lalu tuangkan 2 cangkir cuka putih ke dalamnya. Langkah ini perlu dilakukan dalam rangka menghilangkan bau tidak sedap pada mesin cuci. Setelah itu, jangan lupa untuk kembali menjalankan siklus pencucian.

3. Bersihkan Laci Penuangan Deterjen

Biarkan siklus pencucian berjalan. Sambil menunggu, rendamlah laci penuangan deterjen ke dalam wadah yang sebelumnya sudah diisi dengan air hangat, lalu dibersihan dengan cara digosok-gosok menggunakan sikat gigi sampai bersih.

4. Bersihkan Pintu Mesin Cuci dengan Kain Lap

Setelah proses siklus pencucian kedua selesai berjalan, buanglah larutan air cuka yang dimasukkan sebelumnya. Setelah itu, bersihkan pintu bagian luar dan dalam mesin cuci dengan menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi dengan air panas. Jangan lupa untuk membersihkan karet seal yang terdapat di bagian dalam pintu mesin cuci tersebut.

Loading...

5. Bilas Tabung Menggunakan Air Bersih

Setelah semua langkah pembersihan di atas dilakukan, selanjutnya tingkal melakukan langkah terakhir yaitu mengisi tabung mesin cuci dengan menggunakan air bersih biasa untuk membilas bagian tabung dan bagian dalam selang. Setelah selesai, keringkan mesin cuci dengan menggunakan handuk kering.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Load (Bukaan Atas)

Sebelum lanjut ke pembahasan, perlu diketahui bahwa mesin cuci top loading ada dua jenis, yaitu 1 tabung yang disebut sebagai mesin cuci otomatis dan 2 tabung yang disebut sebagai mesin cuci semi otomatis.

Oleh karena itu, perlu ditegaskan bahwa cara membersihkan mesin cuci untuk kategori top loading yang akan disebutkan nantinya berlaku untuk mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Adapun detail caranya adalah sebagai berikut :

1. Isi Mesin Cuci dengan Air Panas

Langkah paling pertama yang perlu dilakukan pada cara mencuci mesin cuci yang benar untuk jenis top load adalah dengan mengosongkan mesin cuci terlebih dahulu, lalu mengisinya dengan air panas. Untuk mesin cuci dua tabung, yang perlu diisi dengan air panas hanyalah tabung pencucian saja. Selanjutnya jalankan siklus pencucian.

2. Masukkan Cuka Putih dan Baking Soda

Setelah siklus pertama selesai, buanglah air panas tersebut. Setelah itu isilah kembali tabung mesin cuci dengan air panas, lalu tuangkan 3,5  cangkir dan setengah cangkir baking soda ke dalamnya. Setelah itu, jangan lupa untuk kembali menjalankan siklus pencucian selama 30 menit. Setelah itu biarkanlah air tersebut tetap berada di dalam tabung mesin cuci selama kurang lebih setengah jam sampai satu jam.

3. Buang Air di Dalam Tabung dan Bilas

Setelah setengah jam atau satu jam berlalu, buanglah air larutan cuka dan baking soda tadi. Setelah itu, isi kembali mesin cuci dengan air bersih biasa dan jalankan siklus pencucian yang kedua. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka membilas dan menghilangkan aroma cuka yang kemungkinan masih melekat.

4. Lap Menggunakan Kain bersih

Setelah proses siklus pencucian kedua selesai berjalan, buanglah air yang sudah bercampur air cuka dan baking soda yang dimasukkan sebelumnya. Setelah itu, bersihkan seluruh bagian dalam tabung menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi dengan air panas agar sisa deterjen bisa dihilangkan dengan tuntas.

Demikianlah penjelasan tentang cara membersihkan mesin cuci pada artikel kali ini. Semoga Anda tidak kesulitan lagi untuk membersihkan mesin cuci Anda setelah membaca artikel ini. Agar mesin cuci lebih awet, sebaiknya mesin cuci dibersihkan minimal 2 kali dalam sebulan.

 

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *