Menyunting Tulisan Resensi Buku

Menyunting tulisan adalah memperbaiki tulisan berdasarkan kaidah penulisan yang berlaku yaitu kaidah ejaan dan keefektifan kalimat. Sedangkan pengertian resensi adalah pertimbangan pembicaraan atau ulasan terhadap terbitnya buku baru, yang bertujuan memberikan masukan kepada pembaca perlunya membaca buku yang baru saja terbit.

Dengan demikian, menyunting resensi adalah mencari kesalahan data buku, mencari kesalahan sistematika penulisan resensi, berdasarkan:

  1. kesalahan sistematika penulisan resensi yang harus diperhatikan yaitu pendahuluan resensi tubuh resensi serta penutup resensi
  2. aspek penyuntingan kebahasaan yang meliputi ejaan dan keefektifan kalimat
  3. aspek penyuntingan materi yang meliputi kesalahan data buku dan sistematika penulisan resensi
  4. aspek materi kesalahan data buku nama editor tidak tercantum dalam resensi buku, nama penyunting tidak tercantum dalam resensi
  5. aspek materi kesalahan sistematika penulisan resensi, keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku, tinjauan bahasa mudah atau berbelit-belit serta kesalahan cetak

 

Menyunting Resensi Buku

Menyunting Tulisan Resensi Buku yang harus diperhatikan yaitu judul buku, pengarang, penerjemah, editor penyunting, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya, tebal buku serta harga buku yang diresensi.

 

Menyunting Tulisan Resensi Buku – Padamu Negeri

 

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Comments (2)

  1. Kemaren saya habis meresensi buku novel 5 cm. Menurut mas, boleh enggak sih memberi kritikan yang terlalu berlebihan ? atau bahkan sebaliknya ?

    Terkadang bisa merugikan dan menguntungkan …

    makasih sebelumnya 🙂

    1. Resensi menulis apa adanya dari isi buku, termasuk menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku