Belajar Cara Membuat Artikel Menarik Dan Enak Dibaca

Posted on

Bagaimana sih cara membuat artikel yang bagus, menarik, cantik dan manis serta gurih bahasannya? Pertanyaan ini sering diajukan oleh calon penulis maupun penulis pemula.

Secara umum pengertian artikel adalah tulisan atau karangan bebas yang tidak terikat oleh pola-pola tertentu yang biasanya digunakan dalam media baik media baik media cetak atau offline atau online. Pada hakekatnya artikel itu sejenis dengan tulisan yang disebut opini, kolom, resensi dan lain-lain. Artikel bisa disebut juga karya tulis ilmiah populer karena bahasanya bisa diserap oleh semua kalangan, seperti artikel-artikel yang ada di opini surat kabar harian baik nasional maupun regional.

Perbedaan nama itu terjadi karena terdapatnya perbedaan teknis dalam pembuatan tulisan atau bidang kajian yang digunakannya. Meskipun terdapat beragam nama, namun pada hakekatnya sama. Kaidah temporer artikel adalah karya tulis, sedangkan hakikat karya tulis adalah menyodorkan argumentasi. Untuk memahami hakikat tulisan artikel atau karangan bebas apakah itu esai, resensi, opini atau karangan bebas yang lainnya maka prinsip-prinsip dasar menulis artikel berguna sebagai prinsip dasar tulisan.

Cara Membuat Artikel Menarik

 

Membuat Artikel Menarik Dan Enak Dibaca

Persyaratan dasar untuk tulisan atau artikel yang menarik dan baik yaitu enak dibaca dan perlu semestinya mempunyai unsur-unsur berikut ini.

Diksi dan gaya bahasa. Dalam membuat sebuah artikel, penulis hendaknya menggunakan diksi dan gaya bahasa tulisan yang masuk akal, dimaksudkan agar tulisan itu mudah diterima oleh para pembacanya. Diksi adalah pemilihan kata yang tepat (termasuk tata bahasa).

Analitis. Dalam membuat artikel harus ada analitis dengan memberikan menyuguhkan paparan baik itu deskripsi, narasi maupun eksposisi kepada pemirsa atau kepada para pembaca.

Kritis. Tulisan yang kritis akan memberikan pandangan mandiri penulis dalam memberikan solusi, memberikan arahan, memberikan saran di dalam tulisan tersebut, sehingga para pembaca mendapatkan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan juga yang lain.

Runtut. Artikel harus runut yaitu selaras, bersesuaian yang mampu menghadirkan tulisan yang enak dibaca. Bisa dengan metode deduktif atau induktif. Jadi boleh dari umum dulu kemudian ke khusus atau dari khusus ke umum itu boleh saja terserah itu bagaimana gaya penulis.

Berdasarkan Data dan Fakta. Artikel yang menarik akan disertai data dan fakta baik hasil penelitian maupun pengamatan. Fakta dan data itu bisa berasal dari hasil penelitian dan pengamatan di sekitar lingkungan penulis, penelitian dari sumber karya ilmiah seperti buku, skripsi, disertasi atau hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Panjang Tulisan. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa artikel adalah tulisan atau karangan bebas yang tidak terikat oleh pola-pola tertentu, maka panjang pendek tulisan bebas. Yang perlu diperhatikan apabila berminat dan mau menulis artikel tentu saja bukan sekedar menulis, tetapi menyodorkan berbagai alasan dan berbagai argumen, sehingga para pembaca bisa mendapatkan informasi dan ilmu yang baik dari tulisan itu.

Selain bahasan cara membuat artikel agar menarik dan enak dibaca diatas, silahkan membaca artikel sejenis yaitu Tips Menulis Artikel Bagi Pemula.

 

Membuat Artikel Menarik – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *