daftar iklan mgid

Pembelajaran Bahasa Inggris Terpadu Di Sekolah

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang perlu dipelajari karena sebagai salah satu bahasa internasional yang memainkan peranan penting untuk berkomunikasi dengan dunia luar khususnya dalam menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pembelajaran Bahasa Inggris Terpadu

Pembelajaran Bahasa Inggris Terpadu

Salah satu aspek yang perlu dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan bahasa Inggris yang baik harus menguasai keempat keterampilan bahasa dan kosa kata serta tata bahasa.

Bahasa Inggris terpadu melibatkan belajar keterampilan dalam menulis, tata bahasa, berbicara, mendengarkan, membaca dan berpikir kritis. Pengajaran keterampilan bahasa Inggris yang terintegrasi membutuhkan bentuk interaktif pembelajaran antara guru dan siswa untuk memastikan penguasaan keterampilan baik lisan dan tertulis.

Dalam pembelajaran bahasa, baik bahasa pertama, kedua, atau bahasa asing pengajaran komponen bahasa merupakan bagian dari program bahasa. Meskipun mengajar praktis di lapangan berlangsung, secara terpadu, guru dan calon guru perlu memahami beberapa konsep penting yang berkaitan dengan ketiga komponen bahasa terutama yang mengenai komponen bahasa inggris.

Pada umumnya komponen bahasa terdiri dari tiga, yaitu:

  1. Grammar (tata bahasa) atau kaidah-kaidah bahasa merupakan pola dan aturan yang harus diikuti bila kita mau belajar suatu bahasa dengan benar.
  2. Vocabulary (kosa kata) merupakan kumpulan kata yang dimiliki oleh suatu bahasa dan memberikan makna bila kita menggunakan bahasa tersebut.
  3. Pronunciation (pelafalan) adalah cara mengucapkan kata-kata suatu bahasa.

Untuk dapat dimengerti dan diterima sebagai pembelajar bahasa inggris, ketiga komponen di atas tersebut harus dipelajari dengan benar.

Mengajar berbahasa Inggris di sekolah sebagaimana pembelajaran bahasa lainnya adalah mengajar berkomunikasi. Untuk itu ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Mata pelajaran bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berwacana.
  • Kemampuan berwacana dalam tingkat literasi performatif yaitu siswa bisa membaca, menulis, menyimak dan berbicara dengan simbol simbol yaitu bahasa dalam hal ini bahasa Inggris
  • Kompetensi lulusan untuk mata pelajaran bahasa Inggris adalah untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah
  • Pendidikan bahasa Inggris di sekolah dimaksudkan mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan (language accompanying actions)
  • Bahasa Inggris di sekolah bertujuan mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan dalam konteks sekolah dan membuat siswa menyadari pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.

Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Pada tahun 1994 bahasa Inggris mulai diijinkan untuk diperkenalkan di sekolah dasar melalui kebijakan pemerintah dengan SK no 060/U/1993; SK no 170/105/1994. Mulai saat itulah pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak SD dikembangkan di Jurusan program studi pendidikan bahasa Inggris.

Untuk siswa tingkat sekolah dasar yang belajar bahasa inggris sebagai bahasa asing yang tidak digunakan di masyarakat, pengajaran ketiga komponen bahasa yaitu grammar (tata bahasa), vocabulary (kosa kata) dan pronunciation (pelafalan) perlu dikemas secara padu dan cermat.

Pembelajaran untuk siswa sekolah dasar perlu direncanakan dengan baik dengan memilih bahan yang sesuai untuk kebutuhan siswa dan guru sangat menentukan pembelajaran. Berbeda dengan pembelajaran bahasa Inggris seperti yang ada di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Guru bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar harus bisa bergaul dengan anak-anak, menikmati hal-hal yang dilakukannya  bersama anak-anak. Kompetensi pedagogisnya harus spesifik dalam hal kaitannya dengan anak-anak SD.

Kemampuan guru bahasa Inggris sesuai dengan yang dibutuhkan anak-anak, antara lain bisa menggunakan bahasa Inggris di kelas dengan nyaman. Mengenal lagu-lagu bahasa Inggris untuk anak-anak dan mampu menyanyikannya dengan nyaman. Pengetahuan tentang ceritera, permainan, dll. sangat perlu dimiliki guru sebagai materi pembelajaran bahasa Inggris SD.

Pembelajaran bahasa Inggris terpadu secara efektif akan membantu menciptakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk melihat dan membangun konsep-konsep yang saling berkaitan. Dengan demikian, pembelajaran terpadu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah yang kompleks yang ada di lingkungan sekitarnya dengan pandangan yang utuh.

Dengan pembelajaran bahasa Inggris terpadu ini siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, menilai, dan menggunakan informasi yang ada di sekitarnya secara bermakna.

 

Pembelajaran Bahasa Inggris Terpadu Di Sekolah

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *