daftar iklan mgid

Sejarah Singkat Bola Voli Serta Perkembangannya

Tahukah jika ternyata sejarah munculnya permainan bola voli (volly ball) di dunia juga berhubungan erat dengan sejarah munculnya permainan bola basket? Ya, olahraga yang diciptakan oleh William G Morgan pada tahun 1895 ini lahir saat beliau bertemu dengan James Naismisth yang merupakan sang penemu olahraga basket.

olahraga bola voli

Bagi William, James Naismisth adalah sosok yang dikaguminya karena pengabdian James Naismisth dalam dunia olahraga semasa hidupnya saat itu sangat berkesan untuk dirinya.

Sejarah dan Perkembangan Bola Voli di Dunia

Secara umum, permainan bola voli ini lahir dengan konsep yang menggabungkan 4 jenis permainan atau olahraga yang sudah cukup terkenal. Keempat olahraga tersebut antara lain bola tangan, bola tenis, bola basket, dan juga permainan bola baseball.

Sejarah Munculnya Bola Voli di Dunia

Empat tahun semenjak munculnya permainan bola basket, permainan bola voli ini pun turut hadir meramaikan dunia olahraga saat itu. Ide permainan bola voli ini lahir saat William G Morgan sedang berencana untuk membuat sebuah permainan yang ditujukan untuk para anggota Young Mens Christian Association yang kala itu kebanyakan anggotanya telah berusia senja.

Karena faktor usia tersebut, William pun mencari cara agar permainan yang diciptakannya tersebut tidak dirasa memberatkan para anggota. Karena permainan bola basket terbilang rumit dan membutuhkan banyak tenaga, maka William pun memilih untuk menggunakan permainan bola voli kepada anggota organisasi Kristen tersebut. William menganggap jika permainan bola voli tidaklah berat dan sangat mudah untuk dimainkan baik itu di ruangan terbuka atau pun di ruangan tertutup.

Di masa lalu, permainan bola voli ini juga tidak dikenal dengan sebutan bola voli melainkan dengan nama mintonette. Namun, lambat laun nama tersebut sudah tidak popular lagi di kalangan masyarakat yang memainkkannya. Setelah itu, barulah muncul nama bola voli atau volley ball yang dirasa lebih popular dan cocok.

Permainan bola voli makin digandrungi oleh warga Amerika pada saat itu karena jenis olahraga voli dirasa lebih mudah dimainkan oleh siapa saja. Oleh sebab itu, banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menggemari permainan bola voli ini.

Seperti olahraga-olahraga popular lainnya, permainan bola voli ini juga memiliki beberapa aturan saat dimainkan.

Pada umumnya, olahraga ini dimainkan oleh dua tim dengan jumlah masing-masing pemain dalam satu tim ialah sebanyak enam orang. Untuk bermain bola voli, Anda juga harus mengetahui empat teknik dasar. Keempat teknik dasar tersebut adalah service, blocking, passing dan juga smash.

Dalam pertandingan bola voli, jumlah poin dalam setiap pertandingan ialah sebanyak 25 poin. Selain itu, terdapat pula beberapa larangan dalam pertandingan bola voli. Beberapa larangan tersebut seperti, pemain tidak boleh menyentuh net selama bertanding dan juga bola tidak boleh ditangkap melainkan harus dipantulkan oleh pemain.

Sejarah Munculnya Bola Voli di Indonesia

Permainan bola voli ini masuk ke tanah air di masa kependudukan Belanda yaitu sekitar tahun 1928. Saat itu, permainan bola voli ini belum terlalu popular di banyak kalangan. Para bangsawan Belanda serta para petinggi atau kaum elit di masa penjajahan itu merupakan orang-orang yang bisa memainkan olahraga ini.

Namun, seiring berjalannya waktu, bangsa Indonesia mulai merasa membutuhkan permainan bola voli ini sebagai salah satu jenis kebutuhan olahraga dalam meningkatkan ilmu pendidikan jasmani kala itu. Karena olahraga bola voli lebih familiar di kalangan orang Belanda, bangsa Indonesia pun harus banyak belajar mengenai bola voli dan aturan-aturannya tersebut langsung dari orang-orang Belanda. Saat itu, pelatih-pelatih dari negeri Belanda pun didatangkan untuk memperkenalkan olahraga bola voli pada masyarakat.

Setelah semakin terkenal di tengah-tengah masyarakat, olahraga bola voli ini pun makin sering dimainkan oleh para tentara di asrama mereka dan juga di tengah lapangan terbuka. Pada zaman penjajahan tersebut, para tentara Belanda juga sudah sering mengadakan pertandingan bola voli. Secara perlahan, olahraga ini pun semakin berkembang pesat hingga ke seluruh penjuru tanah air.

Tanpa perlu waktu yang cukup lama, perkembangan bola voli di tanah air juga semakin digandrungi oleh banyak kalangan. Hampir seluruh lapisan masyarakat sudah mulai akrab dan sering memainkan olahraga yang satu ini.

Kepopuleran bola voli ini membuat banyak pihak membentuk klub-klub olahraga bola voli di berbagai kota di seluruh Indonesia. Efek dari semakin menjamurnya permainan bola voli di tengah-tengah masyarakat Indonesia membuat pemerintah membentuk sebuah organisasi yang menaungi olahraga bola voli di seluruh tanah air.

Lalu, pada tahun 1955, tepatnya pada tanggal 22 Januari, lahirlah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau yang disingkat dengan sebutan PBVSI. Organisasi ini berpusat di ibu kota Indonesia yaitu di kota Jakarta. Tak berselang lama setelah dibentuknya organisasi ini, maka berbagai event olahraga bola voli dan kejuaraan tingkat nasional pun mulai diadakan.

 

Sejarah Bola Voli Serta Perkembangannya

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *