Pancasila Sebagai Ideologi Nasional

Ideologi Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara juga sekaligus ideologi nasional. Makna Pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila itu menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara. Dengan kata lain, visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah terwujudnya kehidupan yang berketuhanan, yang berkemanusiaan, yang bersatu, yang berkerakyatan, dan yang berkeadilan.

Ideologi Pancasila

 

Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur dan cita-cita bangsa Indonesia. Pancasila diangkat dari nilai-nilai, adat istiadat, kebudayaan, nilai-nilai moralitas yang terdapat dalam pandangan hidup bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia berakar dari pandangan hidup dan budaya bangsa. Pancasila tidak mengadopsi dari ideologi yang berasal dari luar. Justru nilai-nilai Pancasila lebih unggul dibandingkan dengan nilai-nilai ideologi dari luar. Baca tentang Pengertian Ideologi.

Alasan Pancasila Tetap Dibutuhkan

Jika mencermati kembali kondisi riil bangsa dan negara Indonesia, terdapat dua alasan yang mendukung pendapat bahwa Pancasila masih sangat dibutuhkan sebagai ideologi nasional, yaitu:

1. Secara kodrati, bangsa Indonesia memiliki tingkat pluralitas yang sangat tinggi.

Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku, budaya, agama, serta secara demografis kondisi wilayah Indonesia sangat luas dengan ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke. Kondisi ini dapat memberikan implikasi positif bagi tumbuh dan berkembangnya negara dan bangsa. Akan tetapi, keadaan ini akan juga berdampak negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Di sinilah peran Pancasila sebagai perekat bangsa harus mampu mengikat mereka menjadi satu kesatuan bangsa yaitu bangsa Indonesia.

2. Era modern ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah menimbulkan beberapa perubahan yang ada di dalam masyarakat.

Salah satu dampak perubahan tersebut adalah gaya hidup di masyarakat, dan transformasi budaya secara berangsur-angsur. Dalam kondisi ini sering kali masyarakat sudah tidak memedulikan nilai-nilai yang ada di masyarakat dan yang selama ini dipegangnya. Sehubungan dengan hal ini, Pancasila sebagai ideologi harus mampu menjadi pedoman hidup bagi rakyat Indonesia dalam mengarungi semua perkembangan yang terjadi. Dengan masih dipegangnya nilai-nilai Pancasila, bangsa Indonesia tidak terombang-ambing tanpa arah dan tujuan. Landasan Dasar Wawasan Nusantara.

Pancasila sebagai ideologi nasional selain berfungsi sebagai cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama, karena itu juga berfungsi sebagai sarana pemersatu masyarakat yang dapat mempersatukan berbagai golongan masyarakat di Indonesia.

 

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional

Loading...
loading...

About Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *