Pengertian Motivasi, Faktor, Fungsi, dan Jenis Motivasi

Apakah arti motivasi? Motivasi ialah suatu dorongan atau sebab yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu dan mencapai tujuan tertentu. Kata motivasi juga dapat diartikan sebagai segala hal yang menimbulkan dorongan atau semangat di dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu.

Pengertian Motivasi, Faktor, Fungsi, dan Jenis Motivasi

Image: www.lenterabijak.com

Pengertian Motivasi

Kata motivasi secara etimologi berawal dari bahasa Inggris, yaitu “motivation”, yang memiliki arti “daya batin” atau “dorongan”. Jadi, motivasi diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat mendorong atau menggerakkan seseorang untuk bergerak melakukan sesuatu dengan tujuan atau maksud tertentu.

Motivasi dapat muncul dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain. Adanya motivasi menyebabkan seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan semangat. Selain pengertian tersebut, kata  motivasi juga diartikan oleh banyak ahli, diantaranya sebagai berikut:

Henry Simamora

“Pengertian motivasi merupakan suatu fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja tertentu yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang diharapkan.”

Anwar Prabu Mangkunegara

“Motivasi memiliki arti sebagai suatu kondisi yang memiliki pengaruh membangkitkan, mengarahkan serta memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.”

Weiner

“Pengertian motivasi yaitu suatu kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu, mendorong individu untuk mencapai tujuan tertentu, serta membuat individu tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.”

Uno

“Motivasi ialah dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang disebabkan karena adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; serta penghargaan dan penghormatan.”

Dari beberapa pengertian tentang motivasi di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi merupakan sebuah dorongan baik berasal dari dalam maupun dari luar diri seseorang yang menimbulkan hasrat untuk melakukan atau bertindak sesuatu dengan tujuan tertentu yang diharapkan. Lihat juga: Pengertian Pengendalian Sosial

Faktor-Faktor Motivasi

Ada banyak faktor yang dapat menimbulkan motivasi dalam diri seseorang. Berikut adalah faktor-faktor yang yang menyebabkan timbulnya motivasi:

1. Faktor Internal (Intern)

Faktor internal merupakan faktor motivasi yang bersumber dari dalam diri seseorang. Motivasi internal ini muncul akibat adanya keinginan individu untuk mendapatkan prestasi dan tanggungjawab di dalam hidupnya. Ada beberapa hal yang bisa termasuk ke dalam faktor internal, diantaranya adalah:

  • Harga diri dan Prestasi, yaitu sebab timbulnya motivasi di dalam diri seseorang bisa dikarenakan ingin mencapai prestasi tertentu atau ingin membuktikan dan meningkatkan harga dirinya.
  • Kebutuhan, motivasi juga dapat timbul karena adanya kebutuhan akan sesuatu di dalam hidupnya sehingga ia termotivasi untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Harapan, adanya suatu harapan yang ingin dicapai seseorang di masa yang akan datang dapat berpengaruh pada tindakan orang yang bersangkutan.
  • Tanggungjawab, motivasi yang berasal di dalam diri seseorang untuk bekerja dengan baik dan hati-hati dalam menghasilkan sesuatu yang berkualitas.
  • Kepuasan kerja, adanya kepuasan kerja juga bisa menimbulkan motivasi dalam diri seseorang

2. Faktor Eksternal (Ekstern)

Faktor eksternal merupakan faktor motivasi yang bersumber dari luar diri seseorang. Banyak faktor yang dapat menjadi faktor eksternal timbulnya motivasi diantaranya adalah:

  • Jenis dan sifat pekerjaan, faktor jenis dan sifat pekerjaan menjadi dorongan seseorang untuk bekerja dan dipengaruhi oleh besar imbalan yang didapatkan.
  • Kelompok kerja, ialah kelompok kerja dimana seseorang bekerja untuk mendapatkan pendapatan bagi kebutuhan hidupnya.
  • Kondisi kerja, ialah keadaan dimana seseorang bekerja sesuai dengan harapannya.
  • Keamanan dan keselamatan kerja, ialah motivasi yang timbul karena adanya jaminan keamanan dan keslamatan seseorang dalam bekerja.
  • Hubungan interpersonal, ialah hubungan antara teman, atau dengan atasan, hubungan dengan bawahan.

Fungsi Motivasi

Terdapat beberapa fungsi motivasi yang diperoleh oleh seseorang, diantaranya adalah:

  • Mendukung timbulnya suatu kelakuan atau perbuatan sehingga memotivasi melakukan perbuatan.
  • Motivasi berfungsi sebagai pengarah untuk mewujudkan keinginan atau tujuan.
  • Motivasi berfungsi sebagai penggerak bagi seseorang untuk melakukan sesuatu.

Jenis-Jenis Motivasi

Ada beberapa jenis motivasi yang memberikan pengaruh dan memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu dalam hidupnya.

1. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik ialah suatu keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu disebabkan faktor dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang tanpa adanya pengaruh orang lain karena adanya hasrat untuk mewujudkan tujuan tertentu. Contoh motivasi intrinsik adalah motivasi seseorang untuk bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan karena hendak membeli sepeda motor.

2. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik ialah suatu keinginan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu yang disebabkan oleh faktor dorongan dari luar diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang menguntungkan dirinya. Contoh motivasi ekstrinsik adalah seorang pegawai yang termotivasi untuk bekerja lebih keras karena adanya peluang untuk meningkatkan karir untuk pegawai berprestasi.

Demikian itulah adalah penjelasan tentang pengertian, faktor-faktor, fungsi, dan jenis-jenis motivasi. Semoga bermanfaat.

Source: BuahPikiran.info

 

Pengertian Motivasi, Faktor, Fungsi, dan Jenis Motivasi

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *