daftar iklan mgid

Sekilas Sejarah Sepak Bola Serta Perkembangannya di Dunia dan di Indonesia

Olahraga sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat popular di dunia. Saking populernya, hampir semua negara memiliki klub olahraga sepak bola. Tak hanya sampai klub sepak bola nasional, banyak negara bahkan sudah memiliki klub sepak bola pada setiap masing-masing wilayahnya.

Sejarah Sepak Bola

Sekilas Permainan Sepak Bola

Bola sepak atau yang sering dijuluki sebagai si kulit bundar ini memang sudah menjadi olahraga pemersatu bangsa-bangsa di dunia. Hampir setiap perhelatan olahraga atau pun event-event perayaan kemerdekaan dan sejenisnya, pasti selalu menempatkan sepak bola sebagai salah satu jenis pertandingannya.

Pada umumnya, olahraga sepak bola dimainkan oleh dua tim saja. Setiap tim memiliki sebelas orang pemain sebagai pemain utama di tengah lapangan serta beberapa orang yang bertugas sebagai cadangan di pinggir lapangan.

Dalam setiap pertandingan, para tim harus mencetak gol sebanyak mungkin ke dalam gawang lawan agar dapat memenangkan pertandingan. Para pemain tidak diperbolehkan menyentuh bola dengan menggunakan tangan saat bermain di tengah lapangan.

Pemain yang menyentuh bola dengan tangan selama pertandingan berlangsung hanyalah sang penjaga gawang atau sering juga disebut dengan kipper. Kipper ini bertugas untuk menjaga gawang tim agar tidak kebobolan bola dari tim lawan.

Perkembangan Sepak Bola di Dunia

Olahraga sepak bola ini sendiri dipercayai telah muncul di tengah masyarakat sudah sejak lama. Menurut ahli sejarah olahraga, olahraga sepak bola ini pertama kali berkembang di negara Cina. Sekitar abad kedua atau ketiga masehi, sepak bola telah dimainkan oleh masyarakat Tiongkok dengan cara menggiring bola kulit menuju gawang yang masih berukuran kecil pada saat itu.

Di masa kekaisaran Cina, sepak bola menjadi semacam hiburan tersendiri sehingga pada setiap perayaan atau hari-hari besar di Cina, olahraga ini pun sering kali dimainkan di dalam istana.  Kemudian, seiring perkembangannya, olahraga sepak bola pun mulai diperkenalkan ke negara-negara Eropa.

Inggris menjadi salah satu negara di Eropa yang sangat akrab dengan olahraga sepak bola. Bisa dikatakan jika perkembangan sepak bola modern berasal dari negara ini. Maka tak heran jika banyak negara di dunia menjadikan Inggris sebagai kiblat olahraga sepak bola. Saat itu, sepak bola mulai berkembang dengan pesat dari lapangan-lapangan kampus dan juga sekolah.

Pada setiap kesempatan, setiap sekolah-sekolah dan kampus-kampus di Inggris menyelenggarakan pertandingan sepak bola. Seiring berjalannya waktu, pertandingan sepak bola ini pun mulai dijadikan sebagai pertandingan resmi di Inggris. Pada akhirnya, berbagai liga atau pertandingan serta klub-klub professional sepak bola pun bermunculan.

Sepak bola modern ini sendiri lahir di Inggris sejak asosiasi sepak bola mulai didirikan. Saat itu, terdapat sebelas asosiasi sepak bola di Inggris. Tak berselang lama, maka lahir pula lah Asosiasi Sepak Bola Internasional yang dikenal dengan sebutan FIFA. FIFA terbentuk pada tanggal 21 Mei 1904 di negara Prancis.

Saat itu, terdapat tujuh negara yang hadir dalam pertemuan yang diprakarsai oleh dua tokoh sepak bola dunia yaitu Henry Delaunay dan juga Jules Rimet. Adapun beberapa negara yang berpartisipasi pada pertemuan itu antara lain Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan juga Belanda.

FIFA sendiri memiliki tugas untuk mempromosikan olahraga sepak bola kepada dunia dengan slogan ”Untuk Permainan Untuk Dunia” yang memiliki arti sebagai pemersatu bangsa-bangsa setelah terjadinya perang dunia kedua.

Saat ini FIFA memiliki tugas sebagai pihak yang mengatur pengaturan sepak bola dan juga transfer pemain. Tak hanya itu, lembaga ini juga bertugas untuk menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Perkembangan Sepak Bola di Indonesia

Menurut sejarah, permainan sepak bola di tanah air dibawa langsung oleh bangsa Belanda. Di masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1920, olahraga sepak bola belum menyentuh lapisan masyarakat biasa. Saat itu olahraga ini hanya popular di kalangan orang-orang Belanda saja. Namun, lambat laun, sepak bola pun mulai menyentuh lapisan masyarakat pribumi. Sehingga, sepak bola pun mulai dimainkan oleh banyak masyarakat mulai di perkotaan hingga di desa-desa.

NIVB atau yang memiliki kepanjangan Nederlands Indisce Voetbal Bond merupakan organisasi sepak bola pertama yang didirikan oleh bangsa Belanda di tanah air. Di masa itu, berbagai perkumpulan sepak bola pun lahir di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Solo, Surabaya, Magelang dan juga Jakarta.

Di tengah perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, beberapa pemuda juga berinsiatif untuk membentuk komunitas kepemudaan melalui sepak bola. Lalu, pada tanggal 19 April 1930, para pemuda ini pun membentuk organisasi sepak bola yang kemudian dikenal dengan nama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Saat itu, Ir. Suratin ditunjuk sebagai ketua untuk pertama kalinya. Sejak terbentuknya organisasi ini, masyarakat pun semakin ramai memainkan olahraga ini. Pada akhirnya, berbagai pertandingan sepak bola pun mulai sering diadakan. Saat ini, prestasi sepak bola tanah air memang belum segemilang olahraga bulutangkis. Namun, hal tersebut bukan berarti jika masyarakat Indonesia putus harapan dengan prestasi sepak bola di tanah air.

 

Sekilas Sejarah Sepak Bola Serta Perkembangannya

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.