daftar iklan mgid

Sejarah Olahraga Rugby dan Perkembangannya

Rugby merupakan jenis olahraga yang mirip dengan sepak bola dan awal mulanya dimainkan oleh bangsa Yunani Kuno bernama Episkuros. Permainan rugby di Prancis lebih dikenal dengan nama La Soule atau Chole. Seiring perkembangannya, olahraga rugby selalu mengalami perubahan.

Sejarah Olahraga Rugby

Sejarah Olahraga Rugby di Dunia

Sekitar tahun 1750 dan 1859 permainan rugby di Rugby School dimainkan dengan memegang bola tetapi tidak boleh untuk berlari sambil membawa bola di tangan. Saat itu belum ada batasan jumlah pemain oleh sebab itu terkadang ratusan pemain menjadi bagian dari olahraga ini.  Karena memiliki banyak pemain maka permainan rugby ini sering menyebabkan luka dan cedera pada setiap pemainnya.

Kemudian, sekitar tahun 1859 hingga 1869, permainan rugby ini kembali mengalami perubahan. Kala itu William Webb Ellis yang merupakan seorang mahasiswa di Inggris melakukan pelanggaran dalam permainan dengan memegang bola di tangan sambil berlari. Akan tetapi pelanggaran tersebut tidak mendapat protes sama sekali dari pemain lainnya.

Permainan rugby saat itu juga mencampur aturan permainan sepak bola dan juga rugby di mana para pemain bisa menendang bola kemana pun. Perlu diketahui bahwa para murid di Inggris memang sering mengembangkan aturan mereka sendiri. Karena terlalu banyaknya jenis aturan tersebut pada akhirnya lahirlah sebuah pola permainan baru di mana pemain diperbolehkan menangkap dan membawa bola dengan tangan seperti yang dilakukan oleh William Webb Ellis saat itu. Semenjak saat itu permainan ini mulai dikenal dengan istilah Rugby Game.

Tak berselang lama, Victoria pun menetapkan peraturan tertulis untuk olahraga yang semula hanya melibatkan kesepakatan lokal dan anak laki-laki dari sekolah Rugby. Kepala sekolah Rugby kala itu yaitu Dr. Thomas Arnold termasuk orang yang sangat berpengaruh dalam mengembangkan permainan rugby hingga dikenal oleh seluruh negara di dunia.

Sejarah Olahraga Rugby di Indonesia

Jenis olahraga yang terkenal keras ini pada akhirnya masuk ke tanah air pada masa Hindia Belanda. Selama masa penjajahan tersebut tercatat ada sekitar empat klub sepak bola rugby di tanah air. Setelah mulai berkembang cukup baik, permainan ini sempat hilang sejak tahun 1986.

Meskipun telah berkembang di tengah kalangan pribumi kala itu, permainan rugby ini tetap tidak bisa berkembang cukup baik di tanah air dan pada akhirnya tidak ada lagi yang berminat memainkannya.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu rugby kembali popular di tanah air pada tahun 2004 berkat kerja sama Australia, Selandia Baru, Malaysia dan juga Singapura. Hingga hari ini sudah tercatat kurang lebih 600 pemain yang terdaftar di dalam organisasi rugby Indonesia yang dikenal dengan sebutan Indonesia Rugby Football Union (IRFU). Organisasi ini merupakan bagian dari International Rugby Board dan Asia Rugby Football Union.

Indonesian Rugby Football Union atau IRFU ini sendiri merupakan organisasi non profit yang didirikan oleh para pecinta rugby di tanah air sekitar tahun 2004.  Pada tahun 2004 itu, Indonesian Rugby Football Union berhasil mendapatkan pengakuan dan keanggotaan IRFU dari badan rugby dunia yang dikenal dengan nama International Rugby Board atau IRB.

Kemudian, pada tahun 2005, IRFU juga telah tercatat sebagai bagian dari Asian Rugby Football Association atau ARFU serta International Rugby Board atau IRB. Setelah itu, komunitas pecinta rugby pun mulai bertambah. Rugby pun pada akhirnya sudah semakin dikenal oleh masyarakat luas hingga hari ini.

 

Sejarah Olahraga Rugby dan Perkembangannya

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *