daftar iklan mgid

Sejarah dan Perkembangan Olahraga Baseball (Bisbol)

Sejarah munculnya olahraga baseball (bisbol) di dunia belum dapat dipastikan secara jelas, meskipun banyak yang mempercayai jika olahraga baseball ini telah berkembang pada sekitar abad ke 19. Menurut sejarah, pada abad ke 19, olahraga baseball masih dimainkan dengan menggunakan peralatan seadanya yang ada di sekitar rumah. Selain informasi tersebut, beberapa orang juga meyakini jika olahraga baseball ini telah popular dimainkan oleh banyak orang ketika perang saudara telah terjadi.

Olahraga Baseball (Bisbol)

Abner Doubleday disebut-sebut sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan olahraga baseball saat itu. Namun, banyak pula yang menyanggah sejarah lahirnya olahraga baseball tersebut.  Hingga hari ini pun, sejarah awal mula lahirnya olahraga baseball di dunia masih belum terjawab. Untuk mengetahui mengenai secara lebih lengkap mengenai berbagai teori dan sejarah perkembangan baseball  ini, maka silahkan menyimak informasi berikut ini

Sejarah dan Perkembangan Olahraga Baseball di Dunia dan Indonesia

1. Sejarah Awal Mula Berkembangnya Olahraga Baseball

Sekitar tahun 1971, permainan baseball telah popular di Pittsfield, Massachusets, Amerika. Namun, pada tahun 1903, sebuah artikel yang diterbitkan oleh Hendry Chadwik di Inggris mengabarkan bahwa olahraga baseball adalah olahraga yang berasal dari negara Inggris. Henry Chadwik mengklaim jika olahraga tersebut berasal dari olahraga rouders yang telah sering dimainkannya. Namun, Albert Spading langsung membantah pernyataan dari Henry Chadwik tersebut. Albert Spading masih meyakini jika olahraga baseball berasal dari Amerika bukan dari Inggris.

Di tengah kontroversi mengenai siapa penemu hingga di mana olahraga baseball ini berkembang untuk pertama kalinya, maka ditunjuklah sebuah komisi yang diketuai langsung oleh Abraham Mills. Beliau merupakan seorang presiden ke empat liga nasional baseball klub professional.

Selama kurang lebih  tiga tahun, komisi ini terus bekerja mengembangkan sekaligus menelusuri olahraga baseball di dunia. Kemudian, dari hasil penelusuran tersebut ditemukan bahwa Abner Doubleday adalah orang pertama yang menemukan olahraga baseball ini. Beliau pun kemudian dinobatkan sebagai bapak dari olahraga baseball.

Fakta yang memperkuat bahwa Abner Doubleday adalah orang pertama yang menemukan olahraga baseball adalah lewat opini seorang insinyur. Insinyur tersebut berasal dari pertambangan Colorado. Menurut beliau, baseball sering dimainkan setiap hari sabtu di daerah pinggiran kota New York sejak tahun 1823.

Kemudian, pada tanggal 23 September di tahun 1845, sebuah klub olahraga baseball pun mulai didirikan. Klub baseball pertama ini didirikan di kota New York dan beranggotakan Presiden Doc Adams serta Alexander Cartwright. Pada saat itu, baseball semakin berkembang dan telah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari rutinitas masyarakat di Amerika.

Dalam olahraga baseball ini sendiri terdapat nama-nama untuk posisi setiap pemain. Seorang pelempar disebut dengan pitcher kemudian pemukul bola dari pihak lawan disebut dengan batter. Luas lapangan yang dibutuhkan untuk memainkan olahraga baseball ini ialah sekitar 2×27,2 meter dan membentuk bujur sangkar atau sudut 90 derajat.

Jumlah pemain dalam olahraga ini ialah, tim pelempar berjumlah 9 orang dan hanya satu orang yang melemparkan bola kepada sang pemukul. Adapun ketujuh anggota lainnya bertugas untuk menjaga titik pusat pemberhentian yang telah disebar di tengah lapangan.

Seiring berjalannya waktu, olahraga baseball semakin berkembang dengan pesat. Ketika itu, berbagai tim baseball mulai bermunculan seperti di Amerika Utara, Karibia, Amerika Latin hingga di daerah Asia Timur. Tingginya minat masyarakat terhadap olahraga baseball di Amerika ini dapat terlihat dari jumlah penonton yang selalu lebih ramai dibandingkan pertandingan olahraga lainnya.

2. Perkembangan Olahraga Baseball di Tanah Air

Di tahun 1960, Indonesia telah akrab dengan olahraga baseball dan juga softball. Namun, mengenai di mana serta siapa yang pertama kali memulai olahraga ini belum diketahui dengan pasti. Beberapa orang juga mempercayai jika olahraga baseball tumbuh di Indonesia karena telah dibawa oleh para penjajah kala itu.

Dibandingkan dengan sebutan olahraga baseball, masyarakat Indonesia pada dasarnya lebih sering menyebutnya sebagai olahraga kasti. Dua kota besar yang menjadi tempat perkembangan olahraga baseball di tanah air ini adalah kota Jakarta dan juga Bandung. Tidak bisa dipungkiri, jika olahraga baseball saat ini memang lebih mendominasi di wilayah pulau Jawa.

Di sekitar tahun 2017, pemerintah Indonesia kemudian bekerja sama dengan Ketua Umum Pengurus Besar Perserikatan Baseball dan Softball Indonesia. Hasil kerja sama tersebut berhasil merealisasikan olahraga baseball secara resmi di Indonesia. Bentuk pendirian badan resmi ini lahir berkat kemenangan tim baseball Indonesia di ajang PONY Asia Pasific Zone 2017 di negara Singapura. Salah satu pelopor berdirinya tim baseball Indonesia ini ialah Andhika Monoarfa.

Hingga hari ini berbagai tokoh penting pun terus mendukung perkembangan olahraga baseball di tanah air. Meskipun belum sepopuler olahraga lainnya seperti bola dan bulutangkis, akan tetapi dengan resminya olahraga baseball masuk ke Indonesia bisa menjadi angin segar bagi para penggemar bola baseball yang sebelumnya hanya bisa menikmati permainan baseball dari luar saja.

 

Sejarah dan Perkembangan Olahraga Baseball

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *